Monday, February 8, 2010

Dermaga Belawan Diperluas dengan Biaya Rp. 1,6 Triliun

Pernahkah Anda bertanya-tanya apa sebenarnya dengan berita? Laporan informatif ini dapat memberikan wawasan tentang segala sesuatu yang Anda pernah ingin tahu tentang berita.
MEDAN (Berita): DPRD Sumut mendukung sepenuhnya rencana perluasan dermaga di Pelabuhan Belawan, dengan anggaran senilai Rp1,6 triliun. Dengan sarana tersebut, PT Pelindo I Belawan selaku pengelola pelabuhan Belawan diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan pelayanannya.

œSaat ini, Belawan masih kekurangan sarana dan prasarana, sehingga dengan perluasan dermaga, seluruh kegiatan bongkar muat ekspor maupun impor dapat ditangani dengan baik, kata Ketua Komisi D Ajib Shah kepada pers, ketika melakukan peninjauan kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Belawan, Senin [08/02].

Hadir dalam kunjungan itu, para anggota komisi Mustofawiyah, Tunggul     Siagiaan, Tones Sianturi, Jamaludin Hasibuan, Iman B Nasution, Yusuf Siregar, Andy Arba, Restu Kurniawan, Hasan Maturudi dan Biller Pasaribu.Sebelum peninjauan lapangan, rencana perluasan dermaga ini dibahas rapat dengar pendapat antara Komisi D dengan PT Pelindo I

Belawan, yang dihadiri Dirut Harr Sutanto, Direktur Personalia dan Umum Pasoroan Herman Harianja,  Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha  Bambang Eka Cahyana dan GM Pelindo Cabang Belawan, Ir Syahputra S.

Menurut Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha Pelindo Bambang Eka Cahyana saat ini kondisi dermaga  internasional memiliki panjang 500 meter, dengan luas lapangan 101.00 m2 dan kapasitas 8.600 teus (twenty equiaivalen units), sedangkan Dermaga Antarpulau luasnya hanya 350 meter, luas lapangan 35.870 m2 dan kapasitas 3000 terus.

Pengetahuan dapat memberikan keuntungan yang nyata. Untuk memastikan bahwa Anda sepenuhnya informasi tentang berita, terus membaca.

œIni jelas tidak memadai dibanding pelabuhan di Semarang yang mampu menghandle 1 juta teus  per tahun. Jika terwujud, maka kapasitas handling kontainer sama dengan Semarang , katanya.Saat ini, sedang dilakukan perundingan antara Departemen Perhubungan RI di Jakarta dan Asian Development Bank (ADB) selaku penyandang dana.     œKita berharap DPRD Sumut ikut memberikan support agar perluasan dermaga itu terwujud, ujarnya.

Terhadap rencana ini,  DPRD Sumut siap mendukung berbagai langkah yang diperlukan, termasuk meminta kepada PLN agar memberikan tambahan daya sebesar 9 MW kepada Pelindo dalam rangka meningkatkan kinerjanya.

Crane Ditambah

Guna lebih memaksimalkan operasional, anggota Mustofa juga meminta penyediaan sarana seperti crane pelabuhan dapat ditambah. œSaat ini, cranenya satu unit untuk sebuah pelabuhan yang besar, jadi perlu ditambah dua unit lagi. Uangnya Rp90 miliar per unit ada di anggaran, kenapa tidak dimanfaatkan, katanya.

Kesiapan sarana dan prasarana ini dianggap penting, mengingat Belawan merupakan hub port dan pintu gerbang utama bagian barat Astaga.com lifestyle on the net .     œApalagi Astaga.com lifestyle on the net sudah memberlakukan perjanjian China Asean Free Trade Agreeement (CAFTA) pada 1 Januari 2010, katanya.

Terkait kehadiran PT Pelindo, DPRD Sumut juga mengharapkan adanya hubungan proaktif antara pempropsu dengan korporasi itu, agar bagi hasil PT Pelindo dapat dirasakan masyarakat. œKarena, sejauh ini kita tidak mengetahui apa yang sudah diberikan Pelindo kepada masyarakat Sumut. Padahal, perputaran uang di Belawan ratusan miliar sebulan. Kemana larinya uang itu, kata anggota Komisi D, Mustofawiyah.(irm)

Tidak ada salahnya untuk menjadi baik dengan teknologi informasi pada berita. Bandingkan apa yang telah Anda pelajari di sini untuk artikel masa depan sehingga Anda dapat tetap waspada terhadap perubahan di daerah dari berita.

No comments:

Post a Comment