Sunday, November 29, 2009

Ben Kingsley Berburu Oscar ke India

Apakah Anda pernah merasa seperti Anda tahu hanya cukup tentang news menjadi berbahaya? Mari kita lihat apakah kita dapat mengisi sebagian dari celah dengan info terbaru dari news ahli.
INILAH.COM, Hong Kong " Aktor Ben Kingsley kembali ke India. Dia bakal main di film bertajuk Taj. Adakah ini upayanya kembali merebut anugerah Oscar?

India bagai tak terpisahkan dari Ben Kingsley. Sekitar 27 tahun lalu, dia memenangkan Oscar atas perannya sebagai Mohandas Gandhi dalam film Gandhi. Sebuah pencapaian fenomenal karena itulah debut perdana Kingsley di layar perak.

Sejak Oscar 1982 itu, puluhan film dibintangi aktor yang kini berusia 65 itu. Tapi, pencapaian terbaiknya hanya sampai nominasi Oscar. Dia, misalnya, jadi nominasi Oscar untuk kategori aktor pembantu terbaik pada film Bugsy (1991), Sexy Beast (2001), dan nominasi aktor terbaik pada House of Sand and Fog (2003).

Tidaklah mengherankan jika Kingsley memiliki pengharapan besar saat dipercaya memainkan peran sebagai Kesultanan Mogul yang memerintahkan pembangunan Taj Mahal. Kecuali kembali mengeksplorasi kisah sejarah India, Kingsley pun berharap perannya ini bisa membuahkan sesuatu.

Dalam rilisnya belum lama ini, SBK Pictures, mengumumkan Kingsley akan memainkan peran sebagai Shah Jahan. Bintang India sekaligus mantan Miss Universe, Aishwarya Rai Bachchan mendampinginya sebagai Mumtaz Mahal. Film ini berbudget US$25 juta-US$30 juta.

Taj Mahal dibangun Kesultanan Mogul saat pemerintahan Shah Jahan antara 1632 hingga 1654. Bangunan ini dibangun untuk istri tercintanya, Mumtaz Mahal, yang meninggal saat melahirkan anak mereka ke-14. Tak lama setelah bangunan itu selesai, Shah Jahan digulingkan anaknya sendiri dan dipenjara di dekat Sungai Agra.

"Dengan kecintaan pada India dan Taj Mahal kini menjadi Tujuh Keajaiban Dunia, saya merasa ini sebagai melangkah di atas batu pualam," ujar Kingsley.

Taj bakal dibintangi dua orang yang sangat terkenal di India. Kingsley yang juga main di film Schindlers List, begitu dikenal di jazirah itu karena perannya di film Gandhi. Sedangkan Aishwarya Rai adalah salah satu bintang terbesar Bollywood. Tak heran, proyek ini akan memicu ketertarikan luar biasa di India.

Jika Anda news fakta adalah out-of-date, bagaimana itu mempengaruhi tindakan dan keputusan Anda? Pastikan Anda tidak membiarkan penting news informasi slip oleh Anda.

Kecuali Miss Universe, Aishwarya Rai sudah mencetak hit di layar Bollywood lewat Jodhaa Akbar, Sarkar Raj, dan The Pink Panther 2. Popularitasnya makin menjulang setelah menikah dengan Abhishek Bachchan, putra legenda layar lebar India, Amitabh Bachchan.

Meski lahir dan tinggal di Inggris, Kingsley terpisahkan dari India. Darah India pekat mengalir di tubuhnya. Lahir di Snainton, Yorkshire, pada 31 December 1943, nama aslinya adalah Krishna Pandit Bhanji.

Ayahnya, Rahimtullah Harji Bhanji, adalah seorang Muslim Gujarat yang lahir di Kenya. Kakek dari pihak ayahnya seorang pedagang rempah-rempah yang pindah dari India ke Zanzibar, di mana Rahimtullah tinggal sebelum pindah ke Inggris.

Dia tumbuh di Pendlebury, dekat Sarford. Di sini pula dia menyelesaikan pendidikannya di Unversitas Salford. Dia juga belajar di Pendleton College yang kemudian menjadi tempat berdirinya Ben Kingsley Theatre.

Krishna mengawali karier aktingnya di panggung teater Manchester Grammar School bersama Robert Powell. Tapi, dia kemudian berpindah ke peran-peran film. Meski fokus di film, kadang-kadang Khrisna masih tampil di panggung.

Saat-saat itu pula, dia mengganti namanya. Dia mencopot Krishna Bhanji dan memasang Ben Kingsley sebagai nama barunya. Pergantian itu terpaksa dia lakukan karena khawatir nama asing itu akan menghambat kariernya.

Meski berganti nama, dia tak bisa menghilangkan India begitu saja. Itu sebabnya, dua anak hasil perkawinan pertamanya dengan aktris Angela Morant, diberi nama dengan sentuhan India: Thomas Bhanji dan Jasmin Bhanji.

Toh, dengan India pula, Kingsley merajut dan melambungkan kariernya. Dia memenangkan Oscar untuk kategori aktor terbaik 1982 untuk perannya sebagai pahlawan India, Mohandas Gandhi. Film itu tak hanya sukses secara kualitas, tapi juga meraih box office.

Adakah Taj akan mengikuti kisah sukses Gandhi bagi Kingsley? Waktu yang akan menentukan. Taj baru akan diproduksi mulai tahun depan. [mor]

Tidak ada salahnya untuk menjadi baik dengan teknologi informasi pada news. Bandingkan apa yang telah Anda pelajari di sini untuk artikel masa depan sehingga Anda dapat tetap waspada terhadap perubahan di daerah dari news.

No comments:

Post a Comment