Saturday, November 28, 2009

IKJ Gelar Tari Kontemporer Indonesia di Ceko

Apakah Anda pernah merasa seperti Anda tahu hanya cukup tentang world menjadi berbahaya? Mari kita lihat apakah kita dapat mengisi sebagian dari celah dengan info terbaru dari world ahli.
VIVAnews - Hubungan seni dan budaya antara Indonesia dan Ceko semakin erat. Ini ditandai dengan dibukanya kerjasama dua lembaga pendidikan seni, Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dan Akademi Kesenian Praha (AMU).

Kerja sama dua lembaga pendidikan seni itu diresmikan oleh rektor AMU, Dr. Ivo Mathe, dan rektor IKJ, Dr. Wagiono Sunarto, di Aula Perpustakaan Kota Praha, Ceko, Jumat 27 November 2009. Duta Besar Indonesia untuk Ceko, Salim Said, dan sejumlah perwakilan negara sahabat turut menyaksikan peresmian kemitraan seni itu.

Siaran pers KBRI Praha mengungkapkan bahwa penandatangan itu merupakan puncak kegiatan rombongan IKJ, yang meninjau AMU selama satu pekan. Akademi itu tiga fakultas, yakni Fakultas Teater, Fakultas Film dan TV dan Fakultas Musik dan Tari.

Selain melakukan kunjungan dan membicarakan rencana kerjasama kedua lembaga seni tersebut, rombongan IKJ juga memberikan workshop tari-tarian yang menginspirasi karya Professor Sardono Kusumo kepada para mahasiswa AMU. Maka, setelah peresmian kerjasama, berlangsung pementasan œIndonesian Contemporary Dance."

Sejujurnya, satu-satunya perbedaan antara Anda dan world ahli adalah waktu. Jika Anda akan berinvestasi sedikit lebih banyak waktu dalam membaca, Anda akan lebih dekat ke status ahli ketika datang ke world.

Pentas itu menampilkan tiga tari hasil kreasi para mahasiswa IKJ yakni "Red" karya Asri Sidowati, yang menggambarkan kondisi bumi yang semakin panas di tengah gejala pemanasan global, "Covering With Colors" karya Andara F. Moeis, yang dipertunjukkan dengan indah diantara berbagai kertas berwarna serta "Variations on Mask" karya Hanny Herlina dengan mengambil inspirasi tari Topeng dari Jawa Barat.

Selain tari, IKJ juga menampilkan sebuah film berjudul œCinta yang distradarai oleh Stevent Winata. Film ini menceritakan hubungan dua anak muda berbeda suku dan agama yang dinilai melawan adat. 

Said menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan hubungan antar-warga (people-to-people contact) Ceko dan Indonesia, terutama di bidang pendidikan dan antar generasi muda kedua bangsa.

Kerjasama ini merupakan implementasi salah satu persetujuan yang disepakati pada Sidang Komisi Bersama Pemerintah Indonesia-Ceko, 21 Agustus 2009. Kesepakatan bilateral itu ditandatangani oleh Dirjen Amerika Eropa Deplu, Retno L.P. Marsudi, dan Deputi Menteri Perdagangan dan Perindustrian Ceko, Vlastimil Lorenz.

¢ VIVAnews

Jadi sekarang Anda tahu sedikit tentang world. Bahkan jika Anda tidak tahu segalanya, Anda telah melakukan sesuatu yang berharga: Anda telah memperluas pengetahuan Anda.

No comments:

Post a Comment