Sunday, March 14, 2010

2010: Tahun Penuh Bencana dan Korban Jiwa

Paragraf berikut meringkas pekerjaan dari world ahli yang benar-benar akrab dengan semua aspek dari world. Memperhatikan saran mereka untuk menghindari segala world kejutan.
VIVAnews - Baru beberapa bulan memasuki tahun 2010, perlahan-lahan Bumi mengantarkan bencana-bencana alam yang mematikan. Mulai gempa bumi 'serentak' di Haiti dan Chili sampai badai salju yang turun di Washington DC bulan lalu.

Seperti dilansir livescience.com, korban bencana alam dengan jumlah yang tinggi baru saja terjadi di tahun 2010.

Dibandingkan tahun lalu, jumlah korban bencana alam di awal 2010 yang sudah menyentuh angka di atas 200.000 jiwa. Dan itu sudah di atas normal. Bahkan disebutkan, banyaknya korban pada awal tahun ini saja hanya berasal dari satu kejadian.

Berdasarkan data lembaga PBB yang menangani bencana, ISDR, rata-rata korban selama kurun waktu 2009 sampai 2009 mencapai 78.000 jiwa. Pada tahun 1990-an, rata-rata korban jiwa lebih rendah yakni 43.000 dan pada era 80-an sebanyak 75.000 jiwa.

Pakar bencana menilai, banyaknya korban juga dikarenakan bertambahnya populasi urbanisasi dan perbedaan angka yang mencolok pada tahun lalu.

Perbedaan itu karena adanya gempa di Sumatera Barat pada 30 September 2009, korban tewas akibat gempa berkekuatan 7,6 skala richter itu mencapai 10.416 jiwa.

Sedangkan gempa Haiti yang terjadi pada 12 Januari 2010 turut andil dalam menyumbang angka korban jiwa yang besar pada tahun ini. Setidaknya, 220.000 orang tewas di negara berpenghuni yang hanya sekitar 9 juta orang itu.

Sepertinya informasi baru ditemukan tentang sesuatu setiap hari. Topik dan kata kunci% dari% tidak terkecuali. Jauhkan membaca lebih segar untuk mendapatkan berita tentang world.

Jumlah yang sangat besar itu hampir menyamai korban tsunami di Samudera Hindia pada 2004, salah satunay di Aceh.

"Jumlah itu sangat tinggi dan memakan korban jiwa yang sangat besar," kata Kathleen Tierney, profesor sosiologi dan Direktur Pusat Bencana Alam di Universitas Colorado.

Ini bencana alam lainnya yang terjadi di awal 2010:

1. Gempa bumi Chili
Gempa berkekuatan 8,8 skala richter itu termasuk salah satu dari lima gempa besar di dunia. Bahkan, gempa itu menggeser kota Concepcion sejauh 3 meter. Korban jiwa sekitar 500 sampai 700 orang, dengan angka yang masih terus bertambah. Pemulihan Chili membutuhkan US$15 juta.

2. Gempa Turki
Gempa berkekuatan 6 skala richter yang mengguncang bagian timur Turki itu sekitar 41 orang.

3. Badai salju China.
Badai salju dan cuaca ekstrim yang menghantam China itu berpusat di sekitar wilayah Xinjiang sejak Desember. Dilaporkan 30 orang tewas.

4. Badai salju Washington DC
Badai salju ini menyebabkan ratusan kecelakaan. Kerugian akibat bencana ini diperkirakan mencapai US$ 41 juta.


ismoko.widjaya@vivanews.com

¢ VIVAnews
Jangan membatasi diri Anda sendiri dengan menolak untuk mempelajari rincian tentang world. Semakin banyak Anda tahu, akan lebih mudah untuk berfokus pada apa yang penting.

No comments:

Post a Comment