Tuesday, March 9, 2010

Gara-gara Gempa, Cile Geser 3 Meter

Bayangkan waktu berikutnya Anda bergabung dengan diskusi mengenai world. Ketika Anda mulai berbagi kata kunci% menarik% fakta di bawah ini, teman-teman Anda akan benar-benar takjub.
VIVAnews - Gempa 8,8 Skala Richter yang mengguncang pantai barat Cile bulan lalu mampu menggeser kota Concepcion sedikitnya 10 kaki atau sekitar 3 meter ke barat. Gempa itu juga memindahkan ibukota Santiago hingga 11 inci (sekitar 28 cm) ke barat daya.

Menurut para peneliti, gempa Cile juga menggeser wilayah lain di Amerika Selatan, termasuk Kepulauan Falkland dan Fortaleza, Brasil.

Seperti dikutip dari laman stasiun televisi CNN, kesimpulan para peneliti ini tercapai melalui pengukuran satelit yang diambil sebelum dan sesudah gempa pada 27 Februari tersebut oleh tim dari Ohio State University, University of Hawaii, University of Memphis, dan California Institute of Technology, serta berbagai lembaga di Amerika Selatan.

Pikirkan tentang apa yang telah Anda baca sejauh ini. Apakah itu memperkuat apa yang telah Anda ketahui tentang world? Atau ada sesuatu yang sama sekali baru? Bagaimana dengan sisa paragraf?

Sebelumnya para ilmuwan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyebutkan gempa Cile menggeser poros bumi sehingga membuat satu hari menjadi lebih pendek. Perubahan itu bisa diabaikan, tetapi yang patut dicatat, berdasarkan perhitungan awal, satu hari akan menjadi lebih pendek 1,26 mikrodetik. Satu mikrosekon adalah seperjuta detik.

Gempa dahsyat seperti yang mengguncang wilayah Maule di Cile, memindahkan sejumlah besar batu dan mengubah distribusi massa planet. Saat distribusi massa berubah, tingkat rotasi planet berubah. Tingkat rotasi itu menentukan umur satu hari.

Meski gempa ini merupakan tragedi yang menewaskan ratusan warga Cile, para ilmuwan melihat kesempatan untuk memperoleh informasi berharga pasca gempa. "Gempa Maule menjadi salah satu, kalau tidak paling penting, gempa bumi yang bagus untuk dipelajari," kata Ben Brooks dari School of Ocean and Earth Science and Technology, University of Hawaii. "Sekarang kita punya instrumen modern dan tepat untuk mengevaluasi peristiwa ini."

hadi.suprapto@vivanews.com

¢ VIVAnews
Luangkan waktu untuk mempertimbangkan poin diuraikan di atas. Apa yang Anda pelajari dapat membantu Anda mengatasi keraguan Anda untuk mengambil tindakan.

No comments:

Post a Comment