Thursday, March 25, 2010

Nokia Optimistis Terhadap Pasar Musik Digital

Bayangkan waktu berikutnya Anda bergabung dengan diskusi mengenai technology. Ketika Anda mulai berbagi kata kunci% menarik% fakta di bawah ini, teman-teman Anda akan benar-benar takjub.
VIVAnews - Layanan unduh musik Comes With Music dari Nokia yang diluncurkan bersamaan dengan peluncuran handset ponsel musik Nokia X6, menandai optimisme Nokia memandang pasar musik digital di Indonesia.

Pada acara peluncuran yang digelar di Hotel Four Seasons Jakarta, Kamis 25 Maret 2010, Country Manager Nokia Astaga.com lifestyle on the net Bob McDougall, mengungkapkan keyakinannya terhadap pasar musik digital di tanah air.

"Nokia secara agresif  berdiskusi dengan industri lokal memastikan konten lokal bisa ikut serta dalam layanan ini. Ini diperjelas dengan fakta bahwa Comes With Music mengubah perilaku konssumen dalam mendapatkan dan menikmati musik," kata Bob.

Selain itu, Bob juga yakin dengan potensi pasar musik digital di sini. Pasalnya, saat ini, Astaga.com lifestyle on the net disebutnya sebagai salah satu negara yang memiliki pengguna jejaring sosial Facebook terbesar di dunia. "Dan 50 persen di antaranya mengakses Facebook lewat ponsel," kata Bob.

Director Connected Entertainment, Nokia, Tom Erskine mengungkapkan optimisme yang sama. "Saya telah mengamati Astaga.com lifestyle on the net dan melihat antusiasme yang begitu besar terhadap musik di negeri ini, baik melalui radio, maupun melalui TV," kata Tom.

Layanan Comes With Music di Astaga.com lifestyle on the net adalah layanan Comes With Music Nokia yang ke-28 di seluruh dunia. Dari pengalamannya ke berbagai negara, kata Tom, musik adalah sesuatu yang universal dan digemari oleh orang-orang, tanpa memandang sekat-sekat geografis, apakah itu di Inggris atau di Arab Saudi.

Saya percaya bahwa apa yang telah Anda baca sejauh ini informatif. Bagian berikut ini harus pergi jauh ke arah membereskan segala ketidakpastian yang mungkin tetap.

Di India, kata Tom layanan Comes With Music diikuti oleh sekitar 1 juta pengguna ponsel Nokia. Sementara di Singapura, track lagu yang diunduh di layanan itu sudah mencapai 10 juta lagu. "Seharusnya, dengan jumlah penduduk yang begitu besar, Astaga.com lifestyle on the net bisa menjadi negara terbaik," kata Tom.

Untuk Comes With Music Indonesia, Nokia menggandeng 12 label musik meliputi Aquarius Musikindo, E-motion Entertainment, EMI Music, Indo Semar Sakti, Musica Studios, Pelangi Records, Sani Sentosa Abadi, Sony Music Entertainment, Trinity Optima Production, Universal Music Group, Virgo Ramayana Records, dan Warner Music.

Layanan musik ini telah mengoleksi sekitar 3 juta lagu dari informasi beasiswa luar negeri negeri maupun lagu lokal. Semua lagu bisa diunduh dan dinikmati secara gratis oleh pengguna ponsel X6 selama setahun, baik di handset maupun di komputer.

Lagu yang telah diunduh, akan menjadi hak milik selamanya. "Layanan ini memungkinkan konsumen untuk menikmati lagu secara leluasa, tanpa khawatir dengan masalah pembajakan, atau kualitas musik yang buruk," Tom menjelaskan.

Kemunculan layanan unduhan musik Nokia ini disambut baik oleh insan musik lokal. "Kini penjualan CD telah menurun. Ini cara Astaga.com lifestyle on the net memasarkan musik," kata Toto Widjaja, Managing Director Sony Music Indonesia, di acara yang sama.

Sebelum ini, sudah ada beberapa toko musik digital di Indonesia, antara lain toko musik IM:Port, Digital Music Dowload Esia, dan LangitMusik Telkomsel. Namun, dengan 3 juta koleksi lagunya, Nokia mengklaim Comes With Music sebagai toko musik digital terbesar di Indonesia.

Selain melalui ponsel X6, Nokia juga bakal memasangkan layanan Comes WIth Music ke beberapa handset lain yang sudah ada, seperti N97, 5530, dan 5800.

"Kita ingin menyediakan musik kepada siapa saja," kata Haryati Lawidjaja, Software dan Services Manager Nokia Indonesia, di acara yang sama. Namun demikian, Haryati menambahkan, layanan ini tak akan disediakan kepada semua ponsel musik Nokia.

¢ VIVAnews
Mereka yang hanya mengenal satu atau dua fakta-fakta mengenai technology bisa bingung dengan informasi yang menyesatkan. Cara terbaik untuk membantu mereka yang menyesatkan adalah dengan lembut benar mereka dengan kebenaran yang Anda pelajari di sini.

No comments:

Post a Comment