Wednesday, December 30, 2009

Asosiasi Industri Web Indonesia, Didirikan

Artikel berikut daftar beberapa sederhana, informatif tips yang akan membantu Anda memiliki pengalaman yang lebih baik dengan technology.
VIVAnews - Meski terbilang masih baru, perkembangan industri web di berita indonesia terbaru patut diperhitungkan. Pelaku usahanya kian hari kian bertambah, mulai dari pengusaha yang masih bersifat perorangan, usaha kecil menengah, hingga korporat yang bermodal besar.

Melihat perkembangan, sejumlah pelaku di industri web memandang perlunya dibuat organisasi resmi yang bisa mewadahi para pelakunya untuk saling bekerja sama meningkatkan usaha. Apalagi, belum ada aturan maupun standardisasi yang jelas untuk jenis usaha ini.

Bertempat di DheZign Online Solution Surabaya, 27 Desember 2009, beberapa pelaku industri web memutuskan untuk membentuk sebuah asosiasi yang bernama Asosiasi Industri Web berita indonesia terbaru (AIWI). Hari itu juga mereka merancang anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi, sekaligus mendeklarasikan berdirinya AIWI.

Beberapa pengusaha yang hadir dalam deklarasi AIWI antara lain: Brian Arfi (DheZign Online Solution), Santoso Putra (Solusi Website), Febri Nazuka (Viobrano.com), Noto Sudarmiko (Indekslink), Eko Sugiono (Praktisi E-Commerce), Mohammad Zulkarnain (Zulsdesign.com), Imam Muttaqin (online marketer), dan Heri Setiawan (web designer).

Pikirkan tentang apa yang telah Anda baca sejauh ini. Apakah itu memperkuat apa yang telah Anda ketahui tentang technology? Atau ada sesuatu yang sama sekali baru? Bagaimana dengan sisa paragraf?

œUsaha di bidang web mulai semarak. Ranah ini harus diatur, agar tidak terjadi persaingan bisnis yang kotor antar-pemainnya, kata Febri Nazuka, mewakili AIWI, pada keterangannya, 31 Desember 2009. œJika tidak diatur, takutnya nanti malah menghancurkan industri ini sendiri, ucapnya.

AIWI akan difungsikan sebagai wadah koordinasi dan komunikasi antar-anggotanya untuk memperjuangkan industri web baik internal maupun eksternal. Tujuannya adalah mewujudkan persatuan dan kesatuan di antara para anggotanya dalam rangka mengembangkan usaha industri web, yang antara lain dengan cara menghimpun, membina dan mengembangkan semua potensi industri web yang ada di seluruh berita indonesia terbaru agar menjadi industri yang sehat.

Brian Arfi mengatakan, AIWI akan menginduk kepada Departemen Komunikasi dan Informasi (Depkominfo) di bawah pengayoman Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi (MIKTI). œDari 14 asosiasi yang ada di bawah MIKTI, ternyata belum ada asosiasi yang khusus dalam bidang industri web. Sangat memprihatinkan. Padahal, industri web merupakan salah satu industri kreatif yang sangat prospektif, ucapnya.

Yang bisa menjadi anggota AIWI adalah perusahaan web development, web hosting, internet marketing, web start up, e-commerce, media online yang berbadan usaha; kelompok atau perorangan yang bergerak di bidang industri web yang belum mempunyai badan usaha; serta lembaga atau perorangan yang berjasa dan peduli terhadap AIWI dalam rangka pengembangan industri web.

Menurut Imam Muttaqin, untuk mencapai tujuan, AIWI akan berusaha berkomunikasi dan bekerjasama dengan berbagai kalangan, baik perseorangan, perhimpunan, lembaga pemerintahan maupun swasta, dalam maupun informasi beasiswa luar negeri negeri.

Selain itu, AIWI akan berperan aktif dalam kegiatan pengembangan dan pelatihan untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme sumber daya manusia para anggota baik sertifikasi maupun non-sertifikasi dalam rangka memajukan dan mengembangkan usahanya.

¢ VIVAnews
Tentu saja, tidak mungkin untuk meletakkan segala sesuatu tentang technology menjadi hanya satu artikel. Tetapi Anda tidak dapat menyangkal bahwa Anda baru saja menambahkan pemahaman Anda tentang technology, dan itu menghabiskan waktu dengan baik.

No comments:

Post a Comment