Sunday, December 20, 2009

Desentralisasi Bidang Kesehatan Dijalankan Setengah Hati

Paragraf berikut meringkas pekerjaan dari berita ahli yang benar-benar akrab dengan semua aspek dari berita. Memperhatikan saran mereka untuk menghindari segala berita kejutan.
London ( Berita ) :  Desentralisasi bidang kesehatan sampai kini belum berdampak pada status kesehatan masyarakat karena masih dijalankan setengah hati, kata Ketua Program Master of Public Health di University of Salford Dono Widiatmoko di London, Sabtu [19/12] .

Desentralisasi bidang kesehatan di berita indonesia terbaru yang diamanatkan Undang-Undang sejak tahun 2000 menjadi pembahasan menarik dalam seminar bertema œHealth Sector Decentralization in berita indonesia terbaru 2000-2007: A Change without Change yang digelar di Universityof Salford, Kerajaan Inggris.

Dono mengatakan seminar yang diikuti mahasiswa asing di University of Salford dan dilanjutkan dengan diskusi menampilkan  Direktur Pusat Manajemen Pelayanan Kesehatan Universitas Gadjah Mada Profesor Laksono Trisnantoro.

Menurut Dono, dalam seminar Prof. Laksono membahas masalah desentralisasi sektor kesehatan di berita indonesia terbaru dalam kurun waktu 2000 sampai 2007.

Apakah semuanya masuk akal sejauh ini? Jika tidak, aku yakin bahwa hanya dengan sedikit lebih membaca, semua fakta akan jatuh ke tempatnya.

Dikatakannya, sejak desentralisasi dilaksanakan di Indonesia, pelaksanaannya masih seperti pendulum yang bergerak dari kubu sentralisasi ke desentralisasi.

Departemen Kesehatan selama ini dinilai masih ragu, belum mau atau tidak mau melaksanakan desentralisasi di bidang kesehatan Indonesia, ujarnya.

Misalnya saja, Sistem Kesehatan Nasional tidak lagi mencantumkan aspek desentralisasi di sektor kesehatan, struktur Departemen Kesehatan tidak mendukung pelaksanaan desentralisasi, dan ketiadaan kebijakan dan petunjuk yang jelas dari pusat tentang desentralisasi kesehatan.  Hal ini disebabkan penjelasannya yang kompleks dan memerlukan kemauan dan upaya yang kuat untuk pelaksanaannya, ujarnya.

Diharapkan jajaran pimpinan Depkes yang baru dari Kabinet berita indonesia terbaru Bersatu 2 bisa lebih menjalankan aspek desentralisasi kesehatan di berita indonesia terbaru untuk mencapai berita indonesia terbaru yang lebih baik, demikian Laksono dalam makalahnya.

Dono mengatakan materi seminar sangat relevan untuk diikuti mahasiswa dan akademisi yang tertarik bidang manajemen kesehatan. Pengalaman desentralisasi sektor kesehatan di berita indonesia terbaru bisa menjadi bahan pelajaran berharga untuk mahasiswa berbagai negara, ujarnya.

Dono yang juga aktif di ICMI London menyambut baik upaya untuk mengadakan berbagai riset dan pendidikan bidang kesehatan masyarakat antara institusi di Inggris dengan universitas-universitas di Indonesia.  Kerja sama riset yang baik tentu akan membawa manfaat bagi semua pihak, ujarnya. ( ant )

Nah, itu tidak sulit sama sekali, bukan? Dan kau telah memperoleh kekayaan pengetahuan, hanya dari mengambil beberapa waktu untuk mempelajari kata-kata seorang pakar pada berita.

No comments:

Post a Comment