Tuesday, December 29, 2009

DPD Perkirakan 2010 Muncul Gerakan Delegitimasi Pemerintahan

Anda harus dapat menemukan beberapa fakta yang sangat diperlukan sekitar berita dalam paragraf berikut. Jika ada sedikitnya satu fakta yang tidak Anda ketahui sebelumnya, bayangkan perbedaan itu bisa membuat.
Jakarta ( Berita ) :  Dewan Perwakilan Daerah (DPD) memperkirakan pada tahun informasi beasiswa gratis 2010 akan muncul gerakan-gerakan delegitimasi pemerintahan dan pergesekan di tingkat akar rumput masyarakat yang akhirnya bakal mengganggu stabilitas pemerintahan.

œTahun informasi beasiswa gratis 2010 pasti memiliki tantangan yang berbeda dengan tahun 2009, kata Ketua DPD Irman Gusman saat menyampaikan catatan refleksi DPD menyambut tahun informasi beasiswa gratis 2010 di Gedung DPD Jakarta, Selasa [29/12].

Pada tahun mendatang, menurut Irman, akan ada sejumlah tantangan di bidang ekonomi, seperti ancaman krisis ekonomi global, krisis energi, krisis pangan dan perubahan iklim dunia yang tentunya berimbas pada ketahanan ekonomi nasional.

Sementara untuk bidang politik, Irman memperkirakan, menjelang 100 hari dan 1 tahun pemerintahan SBY-Boediono akan muncul gerakan-gerakan delegitimasi pemerintahan dan ancaman konflik antar elit politik. œSelain itu juga akan muncul gesekan di level akar rumput yang pada akhirnya mengganggu stabilitas pemerintahan, katanya.

Untuk bidang hukum, tuntutan reformasi institusi penegak hukum, pemberantasan korupsi tanpa pandang bulu dan hukum yang berkeadilan diperkirakan akan terus mengemuka sepanjang tahun 2010.

Anda mungkin tidak mempertimbangkan segala sesuatu yang baru saja Anda baca untuk menjadi informasi penting tentang berita. Tapi jangan kaget jika Anda menemukan diri Anda sendiri mengingat dan menggunakan informasi ini dalam beberapa hari mendatang.

Sepanjang tahun 2009, persoalan hukum yang menyita perhatian publik adalah konflik antara KPK dan kepolisian yang melahirkan istilah cicak versus buaya.

Meskipun konflik lembaga penegak hukum itu boleh dibilang sudah selesai, namun spirit penegakan hukum dan pemberantasan korupsi akan tetap hadir di ruang-ruang publik mengingat besarnya tuntutan masyarakat agar KPK, kejaksaan dan kepolisian konsisten melakukan pemberantasan korupsi.

DPD memandang sepanjang tahun 2009, peristiwa politik dan hukum telah mewarnai pemberitaan media massa. œHal ini mengingat tahun 2009 menjadi tahun yang penting bagi proses konsolidasi demokrasi, kata Irman.

Terkait dengan hal tersebut, DPD menyimpulkan bahwa tahun 2009 merupakan tahun politik nasional.

œPada tahun informasi beasiswa gratis 2010 nanti, jelang 100 hari dan satu tahun pemerintahan SBY-Boediono, tentu kita berharap bahwa tujuan kita bernegara segera dicapai dengan maksimal, katanya lagi.

Tahun informasi beasiswa gratis 2010 harus menjadi momentum untuk mencapai taraf kesejahteraan rakyat yang merata di seluruh daerah. Hal tersebut ditandai dengan menurunnya angka kemiskinan, tersedianya lapangan informasi lowongan kerja terbaru yang luas, pertumbuhan ekonomi yang mencapai target yang rasional serta iklim investasi yang lebih baik lagi. ( ant )

Sekarang mungkin saat yang tepat untuk menuliskan poin utama dibahas di atas. Tindakan meletakkannya di atas kertas akan membantu Anda mengingat apa yang penting tentang berita.

No comments:

Post a Comment