Friday, December 11, 2009

Hari Ini 11 Tahun Lalu

Artikel menarik ini alamat beberapa isu kunci mengenai berita. Yang cermat membaca bahan ini bisa membuat perbedaan besar dalam bagaimana Anda berpikir tentang berita.
Oleh:

H.Teruna Jasa Said, Pemred Berita Sore

Para pembaca yang budiman, hari ini, sebelas tahun lalu, tepatnya 11 Desember 1998, di tengah tingginya dinamika kehidupan kita sebagai bangsa, Harian Berita Sore lahir. Suasana reformasi yang mempercepat proses dialektika sosial bangsa, telah menjadi benih bagi kelahiran bayi Harian Berita Sore ini.

Bayi ini kemudian dibentuk oleh lingkungan sosial politik yang berkembang sehingga menjadikannya cepat tumbuh dewasa. Bersama Harian Waspada sebagai ˜saudara tua, Berita Sore tumbuh dengan tekad untuk menjalankan fungsi pers yakni menyajikan informasi, mendidik, menghibur dan melakukan kontrol sosial.

Media ini memiliki komitmen untuk menyajikan berita-berita yang paling aktual di sore hari. Jika surat kabar pagi menyajikan informasi kemarin kepada pembacanya, maka Berita Sore menyajikan perkembangan yang paling terbaru pada hari yang sama.

Komitmen kami ini didasarkan pada keinginan untuk menjadi media cetak yang pertama yang menghampiri pembacanya dengan informasi terkini. Untuk tujuan itu, kerja keras adalah imbalan yang layak kami punyai. Kami ingin melihat masyarakat kita yang well informed, dengan kami sebagai subjek yang selalu setia menemani.

Namun begitu.., kami sepenuhnya menyadari, apa yang telah dilakukan belum bisa disebut sempurna. Banyak hal yang perlu terus menerus dibenahi dan diperbaiki, sesuai dengan sifat kita sebagai mahkluk yang baharu.

Setelah Anda mulai bergerak di luar dasar informasi latar belakang, Anda mulai menyadari bahwa ada lebih ke berita daripada yang mungkin Anda pikiran pertama.

Untuk itu kami pun tak pernah bosan melakukan kajian-kajian mendasar agar menemukan bentuk yang paling akrab di hati pembaca. Dengan tentunya, kualitas dan akurasi serta ketajaman sebagai syarat utama sajian informasi kami.

Bagi kami, segenap awak redaksi, proses itu adalah sebuah jalan panjang pembelajaran yang dilakukan secara terus-menerus sepanjang usia surat kabar ini. Karena sebagai sebuah karya di bidang jurnalistik, kesempurnaan adalah proses dan upaya itu sendiri.

Pembaca yang budiman,

Hari ini, sebelas tahun lalu, kami telah memulai usaha untuk memberikan kontribusi bagi kehidupan berbangsa dan bernegara kita. Sebagai salah satu elemen bangsa, kami berharap sumbangsih kami bisa berbuah manis, khususnya bagi dunia jurnalistik. Karena sejatinya kami ingin mengajak kita bersama-sama menjadi masyarakat yang lebih sejahtera.

Hari ini, setelah sebelas tahun, meski melalui berbagai halangan dan rintangan yang menghadang, kami tetap mengukuhkan jati diri sebagai surat kabar yang ingin memberikan yang terbaik. Inilah kami, Harian Berita Sore, akan tetap setia menemani para pembaca sekalian.

Hari ini, tak lupa pula saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para mitra yang mengucapkan selamat hut melalui pemuatan iklan di koran ini. Demikian juga para wartawan maupun karyawan/karyawati ,dedikasi dan loyalitasnya yang begitu besar dan ternilai saya ucapkan dengan sepenuh hati: Thank You Very Much!

Kebersamaan kita akan memberi manfaat yang berharga dalam masyarakat. Semoga.

Dirgahayu Harian Berita Sore.

Mengetahui cukup tentang berita untuk membuat padat, pilihan informasi pemotongan di atas faktor ketakutan. Jika Anda menerapkan apa yang baru saja Anda pelajari tentang berita, Anda seharusnya tidak perlu khawatir.

No comments:

Post a Comment