Thursday, December 3, 2009

Dell Fokus ke UKM

Apakah Anda mencari beberapa informasi dalam pada technology? Berikut adalah up-to-date laporan dari technology ahli yang seharusnya tahu.
VIVAnews - Dell berkomitmen untuk lebih fokus ke sektor UKM. Demikian ditegaskan oleh Country Manager Dell Indonesia Pieter Lydian di acara Dell Editor's Forum, yang digelar di Restaurant Grand Duck King, Grand Indonesia Jakarta, Kamis 3 Desember 2009.

Menurut Pieter, Dell yang semula hanya fokus sebagai perusahaan penyedia hardware, kini mulai menggeser visinya sebagai perusahaan multi-dimensi yang menghadirkan tak hanya hardware, melainkan juga layanan dan solusi kepada konsumen, mulai dari tingkat UKM hingga korporasi.

"Kami kini juga menyediakan solusi, service, utility, termasuk cloud computing dan in-house virtualization, untuk membantu UKM," kata Pieter. Namun, kata Pieter, bagaimanapun juga Dell tak akan meninggalkan bisnis hardware seperti yang dilakukan IBM.

Di kesempatan yang sama, Marketing Manager Dell Indonesia Arif Darmawan, mengatakan bahwa berdasarkan survei dari firma riset IDC, volume pasar UKM di Indonesia begitu besar.

"Sejak tahun 2008 hingga nanti prediksi tahun 2012, pertumbuhan market size UKM, gabungan untuk komputer desktop PC, notebook, maupun server komersial, meningkat begitu pesat, dua kali lebih besar dari market size perusahaan korporat," ujar Darmawan.

Pada 2008, volume pasar desktop PC, notebook, maupun server komersial, di kelas UKM (perusahaan dengan karyawan kurang dari 500 orang) mencapai 938.713 unit, sementara korporat (perusahaan dengan karyawan lebih dari 500) hanya 331,986 unit.

Jika Anda dasar apa yang Anda lakukan pada informasi yang tidak akurat, Anda mungkin tidak menyenangkan terkejut oleh konsekuensi. Pastikan Anda mendapatkan seluruh technology cerita dari sumber-sumber informasi.

Tahun ini, volume pasar untuk UKM meningkat sedikit menjadi 951.229 unit, padahal pasar untuk korporat malah turun menjadi 302.016 unit.

Volume tersebut diprediksi juga meningkat untuk tahun 2010 menjadi 366.255 unit untuk sektor korporat, dan 1.094.721 untuk sektor UKM.

Diproyeksikan, tahun 2012, angka itu akan terus meningkat menjadi 620.148 unit (korporat) serta 1.479.223 unit (UKM), dan meningkat lagi pada 2013, menjadi 861.473 unit (korporat) dan 1.739.330 unit (UKM).

Untuk sektor ini, Dell masih terus mengeksplorasi jenis layanan yang dibutuhkan UKM. Menurut Pieter, layanan yang disediakan akan disesuaikan dengan permintaan pasar.

Misalnya saja, kata Pieter, salah satu jenis layanan Dell IT Pro Support bernama Fast Track Dispatch, yang bisa memberikan sertifikasi keahlian kepada staf IT perusahaan UKM di daerah terpencil.

Dengan demikian staf IT yang tersertifikasi bisa menganalisa masalah dan mempersingkat waktu kerusakan yang terjadi di perusahaannya.

Selain itu, Dell bertekad untuk memperlebar jangkauan layanannya di Indonesia, dari sekarang, yang hanya di 10 kota besar. "Tidak akan sampai ke 33 kota di seluruh provinsi, namun akan kita tingkatkan secara signifikan," kata Pieter.

¢ VIVAnews
Artikel ini cakupan informasi selengkap dapat hari ini. Tetapi Anda harus selalu masih terbuka kemungkinan bahwa penelitian masa depan dapat mengungkap fakta-fakta baru.

No comments:

Post a Comment